Jumat, 10 Juli 2015

LDR Bukan Melulu Soal Cinta Tetapi Bisnis Juga

LDR alias Long Distance Relathionship alias Hubungan jarak jauh selalu identik dengan hubungan dua manusia yang menjalin cinta tetapi terpisah jarak. Euh. Di sini kesetiaan dan kepercayaan diuji. Bagaimana sebuah hubungan bisa bertahan saat berjauhan, hanya mendengar telpon dan gambar. Syukur-syukur kalau bisa video call. Di dunia serba canggih ini, bisa berkomunikasi dengan orang di belahan dunia manapun adalah biasa. Sayangnya kalau urusan uang beda urusannya. 
Meeting Online via pengetahuancepat.com

Dalam menjalin bisnis, tidak bisa percaya begitu saja dengan orang yang belum dikenal. Apalagi belum pernah bertemu, dan tentu saja partnernya jauh di tempat lain. Erika Hall membagi bagaimana dia berhubungan dengan mitra bisnisnya yang tidak pernah ditemui. Dan dia berhasil membangun binsisnya selama 13 tahun. 

Yang mengatakan, ada beberapa faktor yang dapat sangat meningkatkan presentasi jarak jauh.

Mengetahui Siapa Yang Bertanggung Jawab


Walaupun tercantum dalam kontrak kerja, bahwa satu orang yang akan menghubungkannya dengan mitra kerja. Erika juga harus tahu siapa dia. Orang yang akan bertanggung jawab, orang yang akan berada di pertemuan penting. Point tambahannya orang tersebut bagus dalam berbicara via video call. Erika pun memiliki orang-orang yang kompeten yang bertugas menjaga agar konfrensi tetap fokus pada tujuan.

Agenda Anda

Pastikan mitra bisnis mengetahui jadwal pertemuanmu dengannya. Selanjutnya sampaikan materi mu dengan jelas dan ringkas. Pastikan saat presentasi, mereka juga akan berpartisipasi dalam diskusi agar proyek yang dikerjakan berhasil. Slogan yang dipegang adalah Tidak ada Kejutan adalah yang terbaik.
Karena belum tentu kejutan itu bisa yang diharapkan. Kalau misalnya mitra bisnis malah tidak suka, alhasil nanti jadi kerja dua kali.

Lakukan Tanya Jawab

Pertemuan yang baik bila adanya saling tanya jawab antara dua belah pihak. Karena untuk menyelesaikan proyek bersama dibutuhkan kesepakatan dua belah pihak. Jangan sampai kita hanya fokus pada presentasi dan mengabaikan keberadaan mereka. Sehingga tercipta dialog hanya satu arah saja. Tentunya sangat membosankan bukan?

Aturan dasar


Logistik. Bila mitra bisnis berada di zona waktu yang berbeda, kita pun harus mengambil waktu yang tidak memberatkan mereka terkait soal meeting online ini. Tentukan juga sebelumnya akan menggunakan aplikasi apa. Bisa Hangouts, Webex atau GoToMeeting atau lainnya. Sepakati waktu di mana meeting online akan dilakukan.

Selanjutnya meeting online di lakukan tidak dalam keadaan menyetir. Karena akan sangat berbahaya bila menyetir sambil memegang gadget. Fokus konsentrasi akan pecah, dan bisa berakibat hilangnya nyawa seseorang. Lebih baik mengatur ulang jadwal bila ada yang berada di belakang kemudia saat meeting.

Akan lebih baik lagi bila saat dilakukan meeting online, hanya yang berkepentingan yang ada. Bukan berada di keramaian hingga suara tdak jelas dan mengganggu jalannya meeting.

Video?


Ini masa depan, "TelePresence" mungkin. Apakah video yang membantu? Hal ini tergantung pada konteks dan tujuan pertemuan tersebut. Jika Anda bertemu klien untuk pertama kalinya, mampu mengaitkan wajah dengan suara yang keluar bisa sangat membantu. Setelah Anda mengenal satu sama lain dan meninjau artefak bersama-sama, itu cenderung lebih dari gangguan.

Ini lagi yang apa pun bervariasi dengan budaya kerja organisasi klien. Organisasi yang lebih besar dengan tenaga kerja yang tersebar akan memiliki setup videoconference mewah yang mereka gunakan biasa. Seperti segala sesuatu yang lain, menyepakati proses dan melakukan uji coba terlebih dahulu.

Jangan Menjadi Orang Asing


Komunikasi yang jelas sulit. Ini adalah bagian tersulit dari desain. Dan ketika Anda bekerja dari jarak jauh, ada lebih banyak pilihan untuk membuat dan lebih banyak faktor di luar kendali Anda. Itu rumit. Tapi kami bekerja di Internet. Kita harus menjadi yang terbaik di dan paling optimis tentang komunikasi teknologi-dimediasi. Dengan persiapan yang cukup dan saling goodwill, panggilan turun sesekali tidak akan mendapatkan di jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar