Jumat, 26 Juni 2015

Berhentilah Melakukan Hal-Hal Ini Pada Dirimu (2)

Lanjutan dari postingan sebelumnya Berhentilah Melakukan Hal-Hal Ini Pada Dirimu, hal negatif itu harusnya tidak dipelihara. Karena mentalmu akan sakit. Hal-hal ini tidak ada di dalam buku pelajaran sekolah, nilai-nilai kehidupan harus kemau pelajari sendiri. Terutama yang berhubungan dengan orang lain. Kita adalah makhluk sosial bukan? Lantas apa saja kelanjutannya dari postingan sebelumnya.

Berpikir Anda tidak siap

Kesempatan emas jarang datang dua kali. Kamu diminta untuk mewakili kampus dalam debat antar kampus. Percayalah, ambil saja kesempatan itu. Karea bila kamu menolak dengan alasan tidak siap, maka kamu akan kehilangan kesempatan tersebut. Dan belum tentu akan ada kesempatan selanjutnya. Modal nekad diperlukan dalam situasi tertentu. Kenekadan kadang akan membawa hasil yang tidak kamu duga. Lagipula belajar dalam zona yang baru akan memperkaya pengalaman kita.

Trauma dengan hubungan cinta

Tidak semuanya apa yang kita inginkan selalu terwujud. Rasa takut akan patah hati kan terulang kembali itu normal. Tetapi tidak berani mencoba untuk hubungan yang baru itu berarti lari dari masalah. Belajarlah dari Arai, pengejaran cintanya selama sembilan tahun bersambut sudah. Akan selalu ada orang yang datang dan pergi dalam hidup kita. Masing-masing orang pasti memiliki arti sendiri. Tetapi juga biarkan dirimu mengecap cinta yang baru, menjalanu hubungan yang baru. Persaya saja, Tuhan sudah menyiapkan jodoh yang tepat untuk kita.

Berusaha untuk bersaing dengan orang lain

Tuhan telah menciptakan setiap makhluk memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya karena temanmu lebih unggul di beberapa bidang, lantas kamu iri padanya. Padahal belum tentu hidupnya jauh lebih baik dari dirimu. Seperti pepetah "Rumput tetangga lebih hijau." Daripada bersaing dengan orang lain, cobalah mengalahkan dirimu sendiri. Karena sejatinya musuh terbesarmu adalah diri sendiri. 


Mengeluh dan mengasihani diri sendiri 

Sudah jatuh ketimpa tangga, beragam sumpah serapah kamu lontarkan. Padahal tidak mengubah keadaan menjadi lebih baik. Kesedihan yang berlarut tidaklah perlu dilakukan. Apalagi samapi mengasihi diri sendiri. Kita harus kuat, segala sesuatu yang terjadi pasti ada hikmahnya nanti. Keadaan itulah nanti akan akan membawamu kepada tempat dan situasi yang lebih baik. Jadi tersenyumlah. Kamu akan baik-baik saja. 
Kutipan terbaik dari film tri idiot 
Seberapa besarpun masalah, yakinkan hatimu bahwa semua pasti baik baik saja, dgn begitu hatimu bisa tenang. All is well. All is well.

Menyimpan dendam

Tidak ada untungnya menyimpan dendam, dendam itu ibarat penyakiy yang akan mengegorogoti hatimu. Maafkanlah orang-orang yang telah menyakitimu. Berikan pengampunan pada mereka. Dengan begitu hatimu akan jauh lebih tenang. Karena dengan memaafkan, kamu akan melepaskan beban yang ada. Memberikan kedamaian di dalam hidup. Salah satu kata bijak yang dilansir boardofwisdom
Apologizing does not always mean that you are wrong and the other person is right. It just means that you value your relationship more than your ego. Memaafkan tdaik selalu berarti kamudi pihak yang salah, dan orang lain yang benar. Memaafkan berarti kamu lebih menghargai hubungan daripada ego.

Hal-hal di atas adalah contoh dari sifat yang harus kamu stop. Jadilah orang yang optimis, berhati lapang, dan mudah memaafkan. Sifat-sifat negatif itu mungkin akan membakar semangatmu, tetapi dengan perlahan juga merusak jiwa. Tidak ada gunanya memelihara rasa marah, dendam dan kebencian. Jadilah pribadi yang bebas. Dan Berhentilah Melakukan Hal-Hal Buruk Pada Dirimu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar