Jumat, 10 Juli 2015

Ide Cerdas Bikin Tangga Spiral di Pohon

Kita mengenal ada beberapa cara untuk mengambil buah di pohon yang tinggi. Bisa memakai galah, atau memakan tangga, melempar batu (anak-anak begitu ya?), yang terakhir dipanjat sendiri. Bahkan kita tahu bahwa untuk mengambil kelapa atau sari aren, seseorang harus bisa memanjat sampai pucuk pohonnya sambil memanggul keranjang sebagai wadah. 




Sayangnya karena memanjat manual, otomatis kita akan melukai pohon. Sebagai tempat pijat kaki. Walaupun tidak membunuh pohon, tetapo tetap menyakiti pohon kan? Sekaligus memanjat tanpa menggunakan pengaman sangatlah berbahaya. Dan tidak diperuntukkan untuk orang awam

Mungkin sebaiknya kita belajar dari Desainer Thor te Kulve dan Robert McIntyre. Mereka telah merancang sebuah peralatan yang memungkinkan setiap orang untuk sampai puncak dengan menggunakan tangga spiral. Tangga ini didesign secara khusus sehngga tidak akan melukai pohon. Sekaligus tangga ini aman untuk digunakan oleh anak-anak.

Tangga spiral ini terdiri dari beberapa baagian. Untuk undakan atau tempat berpijak kaki digunakan potongan dari pohon birch. Bantalan ini dikat dengan tali dan pegangan samping dengan bantalan neoprene tebal. Satu demi satu birch dipasang hingga sampai ke atas. Setelah diberi pegangan, maka jadilah tangga spiral.

"Kami telah bekerja dengan arboriculturalists di Hampstead Heath untuk memastikan kita tidak merusak pohon," kata McIntyre Dezeen. Namun dengan cara inipun rupanya masih bisa merugikan pohon. Yaitu ada gesekat ikatan tali yang melingkar pada pohon. Langkah ini hanya sementara. Pohon masih bisa dirugikan oleh girdling setelah lama setelah gesekan berkelanjutan, sehingga kami menganggap langkah ini adalah setup sementara. Menurut desainer, tangga sepanjang 7 m dibutuhkan dua orang yang membangunnya selama 3 jam. tetapi untuk menaiki tangga ini hanya dibutuhkan 30 menit saja.

canopy-tree-stairs-thor-ter-kulve-robert-mcintyre-canopystair-8 

canopy-tree-stairs-thor-ter-kulve-robert-mcintyre-canopystair-9

canopy-tree-stairs-thor-ter-kulve-robert-mcintyre-canopystair-4
Strap This Spiral Staircase Onto Any Tree Without Tools
tangga spiral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar